Welcome to EntriGaul.blogspot.com please leave your comment and thanks for visiting

Sabtu, 12 Januari 2013

LIVING THE 7 HABITS BOOK

Nah Guys sekarang aku bakal ngebahas sedikit dari buku luar biasa ini yaitu " Living The 7 Habits" karya Stephen R. Covey. Buku ini berisi tentang penerapan 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif. Dalam buku ini kita bisa menemukan berbagai cerita dan pemecahan masalah dengan meggunakan 7 penerapan kebiasaan dalam hidup. Pertama kali aku membaca buku ini, waktu itu aku minjem dari perpustakaan sekolah aku . Buku ini sangat menarik karena memuat cerita dan berbagai masalah yang nyata dan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa yang digunakan pun sangat sederhana dan mudah dimengerti. ini dia Reviewnya!

Kebiasaan 1 : Jadilah Proaktif

Bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri (di masa lalu, di masa sekarang, maupun di masa yang akan datang) dan membuat pilihan berdasarkan prinsip-prinsip serta nilai-nilai ketimbang suasana hati atau keadaan (Bijaksana) dan tidak menjadikan orang lain sebagai alas an dia gagal.  Tidak bersikap Reaktif.


Jadilah proaktif - ketika saya mendapat nilai jelek, saya tidak menyalahkan siapapun dan marah untuk tidak mau masuk sekolah, tetapi saya memilih untuk berinstropeksi apa yang kurang dalam diri saya selama belajar.

Kebiasaan 2 : Merujuk pada Tujuan Akhir

Menciptakan Visi dan Tujuan sebelum misi.

Kebiasaan 3 : Dahulukan yang Utama

Mengorganisasikan dan melaksanakan, apa-apa yang telah diciptakan secara mental (tujuan, visi, nilai-nilai, dan 
prioritas). Memfokuskan perhatian pada apa yang lebih penting.

Dahulukan yang utama- ketika saya belanja ke supermarket saya memilih barang-barang yang penting dulu setelah itu baru coklat. 

Kebiasaan 4 : Berpikir Menang/Menang

Cara berpikir yang berusaha mencapai keuntungan bersama dengan dasar saling menghormati.
Ketika belajar saya tidak berpikir bahwa ini tekanan, tetapi ini adalah bersenang-senang yang tidak harus selalu perfek.

Berpikir Menang - ketika saya bermain basket kita saling mengoper bolanya maka kita menang.

Kebiasaan 5 : Berusaha untuk Memahami Terlebih Dahulu Baru Dipahami

Ketika kami sedang mengerjakan kartu daya tangkap dan pasangan saya lamban. Saya Tanya kepadanya mengapa ia lamban, katanya, ia lamban kalo membaca. Maka sayapun mengerti.

Kebiasaan 6 : Wujudkan Sinergi

Menghasilakan alternatif ketiga
Memanfaatkan kekuatan masing-masing individu sehingga keseluruhannya lebih besar.

Wujudkan sinergi - ketika keluargaku sedang berdiskusi kami semua berbeda pendapat tapi kami tahu benar bagaimana bersikap proaktif, akhirnya keputusan yang kami buat adalah kesepakatan dari perbedaan pendapat diantara kami.

Kebiasaan 7 : Mengasah Gergaji

Memperbaharui diri terus menerus dalam keempat bidang kehidupan dasar : fisik, sosial/emosional, mental dan rohaniah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Content